Rakerda IX TP PKK Solok Resmi Ditutup, Ramadhani Lantik Pengurus

oleh -441 views

Patrolmedia.co.id, Solok – Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana menutup Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IX Tim Penggerak PKK Kota Solok Tahun 2021.

Pada penutupan itu, Ramadhani juga melantik para pengurus PKK Solok Periode 2021-2024, di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, Jum’at (9/4/2021).

Ramadhani menyampaikan, Gerakan PKK sebagai gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dan pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat untuk kesejahteraan.

Hal itu dilakukan untuk mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, lahir dan batin terutama di era pandemi Covid-19 ini.

“Tim penggerak PKK Kota Solok merupakan mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. PKK sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga, memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan mengaderkan keluarga sebagai fondasi pertama dan modal awal dalam pembangunan. TP PKK menjadi motor penggerak ke arah yang lebih baik serta responsif terhadap kondisi dan permasalahan yang ada di masyarakat,” kata Dhani.

Dhani mengatakan kader PKK merupakan manusia yang unggul dan berdaya. Dengan begitu, seluruh kader diharapkan bisa mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga.

Syaratnya berdaya adalah punya semangat yang kuat. Kami percaya ibu-ibu semua memiliki sifat itu.

“Potensi kader beserta keluarga ini akan kita jadikan sebagai support yang penting dalam suksesnya pembangunan di Kota Solok,” katanya.

Ia melanjutkan, tim tersebut akan menjadi pendukung utama didalam menyukseskan kebijakan pembangunan ke depan.

TP PKK merupakan support system terkuat karena keberadaan PKK secara organisasi menggurita sampai di dasa wisma.

Maka, katanya, Rakerda yang telah dilakukan itu merupakan amanat organisasi yang implementasinya adalah bagaimana membina dan mengkaderkan perempuan sebagai penggerak, pendukung dan pengayom dalam mendukung serta menciptakan keluarga yang maju, mandiri dan sejahtera.

“Banyak perubahan yang perlu kita respon dan sikapi, bangun sinergitas dan kemitraan dengan lembaga kemasyarakatan lainnya serta OPD, agar rencana yang disusun efektif dilaksanakan,” kata Dhani.

Selain itu, ia melalui Rakerda itu, Dhani berharap akanmuncul rencana induk dan strategi sebagai acuan atau pedoman dalam merumuskan program dan kegiatan yang mendorong gerakan PKK, agar terus tumbuh dan berkembang serta memberikan kontribusi bagimasyarakat.

Dhani mengatakan, Rakerda ini juga diharapkan bisa menjadi sarana evaluasi dan penyampaian program kerja untuk menyamakan persepsi serta sinergi antara program kerja PKK Kota Solok dengan OPD terkait.

“Saya yakin telah dilakukannya evaluasi beberapa hal yang sudah dan sementara dilakukan dengan capaian program, sekaligus mengevaluasi kendala-kendala, bahkan dari kendala itu tentu sudah tersusun strategi dalam bentuk program-program yang merupakan kebutuhan TP PKK kedepannya,” katanya.

Dhani juga berharal Wawako semua pokja memiliki target capaian yang jelas dan rasional sehingga keberadaan Tim Penggerak PKK semakin dapat di rasakan masyarakat.

“Kepada seluruh Pengurus Tim Penggerak PKK Kota Solok untuk terus memonitor pelaksanaan program kerja agar permasalahan dan kendala dilapangan dapat diketahui dengan jelas dan permasalahan yang ada pada wilayah masing-masing dapat dibenahi,” katanya.

Dikesempatan itu, Dhani mengapresiasi atas dedikasi dan ucapan terima kasih kepada Pengurus TP PKK Kota Solok masa bakti 2016-2021.

Kepada pengurus yang baru, Dhani berpesan agar bekerja sebaik mungkin, melakukan percepatan disetiap program, memanfaatkan Teknologi informasi dan memperkuat data.

“Semoga sinergisitas TP PKK dan Pemko Solok dalam menyukseskan pembangunan di kota kita ini berjalan lebih baik dan lebih baik lagi,” tutupnya.

Penulis: Niko Irawan
Editor: M. Ichsan