Investor Pemula Perlu Ketahui 5 Hal Penting Jelang Berinvestasi

oleh -842 views
Ilustrasi generasi milenial, menjadi kelompok produktif berdaya beli, namun rentan terjebak investasi bodong.

Patrolmedia.co.id, Jakarta – Hasrat seseorang untuk berinvestasi terkadang menggebu-gebu, tanpa benar-benar memahami prospek dan resikonya dikemudian hari.

Bagi seorang investor pemula, kesalahan memang sulit hindari. Sebab berinvestasi memang bukan hal yang mudah. Anda perlu banyak belajar dan memiliki mental yang kuat untuk bergelut dalam dunia investasi.

Agar bisa menjadi investor yang cerdas, anda perlu ketahui 5 hal penting ini untuk menekan resiko dan kerugian dalam berinvestasi lantaran tergiur iming-iming dan sekadar ikut-ikutan.

Pertama, stop berpikir tidak perlu meng-upgrade diri, karena jelang berinvestasi harus benar-benar memahami strategi berinvestasi dan kinerja perusahaan penerbit saham atau surat utang yang instrumennya hendak kita beli, serta mempelajari teknik Analisa dalam berinvestasi di pasar modal.

Kedua, stop panik ataupun kalap terhadap fluktuasi harga, karena fluktuasi merupakan sifat dari investasi di pasar modal.

Panik hanya akan membuat kerugian jika kita buru-buru menjual saat harga saham turun, tanpa menganalisa kinerja perusahaan.

Jika tujuan investasi untuk jangka panjang dan kinerja perusahaan baik, maka fluktuasi jangka pendek tidak perlu mempengaruhi emosi pemodal.

Ketiga, stop berinvestasi menggunakan dana utang. Porsi dana investasi harus menggunakan dana dingin yang dipersiapkan khusus untuk alokasi investasi.

Artinya dana ini bukan untuk kebutuhan bulanan atau keperluan jangka pendek. Sehingga jika terjadi risiko penurunan harga yang menggerus modal, tidak akan mempengaruhi kebutuhan jangka pendek.

Keempat, stop termakan rekomendasi tanpa melakukan analisa lanjut. Sebaiknya cari banyak sumber analisa dari riset perusahaan efek tentang perusahaan tercatat yang hendak dibeli atau melakukan kajian terhadap kinerja keuangannya sebelum memutuskan untuk membeli saham atau produknya.