Penjualan Ananda Brownies Kukus Capai Omzet Hingga Ratusan Juta

oleh
Brownies Kukus Coklat produk paling disukai konsumen. (Foto:Patrolmedia)

Patrolmedia.co.id, Batam – Ananda Brownies Kukus, ya, nama itu sudah tak asing oleh masyarakat Batam. Nama Ananda singkatan dari gabungan inisial nama anak dari sang pemiliknya.

Pemilik Ananda Brownies Kukus, Yosa Noviani didampingi suami, memamerkan brownies coklat dan bolu gulung tape, salah satu favorit konsumen. (Foto:Patrolmedia)

Lebih kurang 10 tahun sejak 2007 berkiprah didunia kuliner, Pemilik Ananda Brownies Kukus, Yosa Noviani (42) saat ini sudah memiliki market produk Brownies Kukusnya, hingga dikenal sampai ke luar daerah seperti pulau Sumatera dan Jawa, bahkan mancanegara seperti Singapura dan Malaysia, memilih Ananda Brownies Kukus sebagai buah tangan oleh-oleh untuk dibawa ke tempat tinggal mereka.

“Alhamdulillah, sampai saat ini pengunjung yang mampir ketempat kami kebanyakan datang dari luar daerah seperti Sumatera Barat, Medan, beberapa dari daerah Jawa. Kalo negara ada Malaysia dan Singapore,” ujar Yosa kepada Patrolmedia.co.id, saat ditemui di Amanda pusat, pasar Mega Legenda Ruko Legenda Junction LJ 4 Nomor 3 Legenda Malaka, Batam Center, Senin (4/9/2017) sore.

Yosa mengakui, dari sekian banyak produk, brownies Kukus dan brownies bakar paling di sukai penikmatnya, itu terlihat dari omzet penjualan khusus kategori brownies.

Tak heran pemilik Ananda Brownies Kukus ini mampu mencapai Omzet mulai Rp300 hingga Rp500 juta perbulan dari total 6 cabang outlet yang tersebar di Batam.

“Omset rata-rata Rp300 juta perbulan, pada momen tertentu mencapai Rp500 per bulan, itu mayoritas dari brownies” bebernya.

Dengan dibantu 28 orang karyawan, 1 hari produksi brownies kukus dan bakar mengalami peningkatan sehingga dicetak sebanyak 300 box per hari untuk melayani penikmat dan siap disebar ke semua titik cabang dan outlet. Sedangkan untuk kategori Kek beserta variannya, dicetak 200 pack setiap hari.

“Total brownies kukus dan bakar ada 7, masing masing terdiri dari varian pandan, pisang, ketan strawberry, coklat, black forest dan rainbow, kedua brownies kukus dan bakar itu kita bandrol @Rp 30 ribu per kotaknya,” terang Yosa.

Selain brownies, Ananda tak kalah juga memproduksi Kek, seperti kek pisang, aneka Bolu, Pastry Roll Cake (menu baru) dan Kek Gulung Tape.

“Untuk kek mulai dari Rp30 ribu sampai Rp45 ribu per pack,” katanya.

Diketahui, Ananda Brownies Kukus sudah tersebar di 6 cabang yakni, Panbil Mall counter, lantai dasar, Botania Plaza depan minimarket Glory, SP Plaza depan Lapangan Futsal, Ruko Siti Makmur Bina Uma, Batu Aji, Sei Panas depan SMP N 6 Batam, dan otlet di pelabuhan Punggur.

“Saat ini kami sudah rencanakan untuk menambah titik cabang di Botania lagi, karena mengingat penjualan lebih menjanjikan, dan disana juga dapat menjadi pusat oleh-oleh nantinya. Selain itu kita juga target ke Fanindo Batu Aji, berhubung lebih ramai,” sebutnya.

Yosa pun berencana untuk menambah kreasi baru sebagai menu varian brownies yakni brownies cookies, sebagai produk ekpor keluar negeri dengan masa tahan selama 1 minggu.

“Rencananya kita akan buat varian baru brownies cookies yang lagi nge-trend sekarang, nah itu kita lagi cari formula supaya bisa tahan lama sampai 1 minggu, tapi tetap tidak pake pengawet. Kalo saat ini baru bisa tahan 3 hari,” sebut Perempuan asli Minang itu.

Sekedar tambahan, saat ini Ananda Brownies Kukus bekerja sama dengan Go-Jek (Go-Food) untuk mempermudah pemesanan atau delivery order. Sedangkan untuk pemesanan via telefon, silahkan menghubungi di nomor telfon 0778 4168 244. Selain itu, ditempat ini juga melayani pemesanan kue tar ulang tahun dan untuk anniversary. (Chandra)