Aksi Turun ke Jalan, BWP Panbil Kampanyekan Pengurangan Pemakaian Plastik

oleh -447 views
Manajemen BWP Panbil usai menggelar aksi turun ke jalan, kampanyekan pengurangan penggunaan plastik. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Batam – Manajemen hotel Best Western Premier (BWP) Panbil Batam beraksi turun ke jalan, kampanyekan pengurangan pemakaian plastik di lingkungan masing-masing tempat tinggal warga Batam.

Hal itu digelar untuk memperingati Earth Day atau Hari Bumi 2018 yang jatuh pada Minggu, 22 April 2018 lalu.

Karyawan BWP Panbil mulai berorasi dari pukul 14.00 sampai 14.00 Wib,

Dengan titik kumpul di lampu merah Simpang Kabil dan Simpang Jam, orasi ditujukan bagi setiap pengendara yang berhenti, agar menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan, terlebih bahaya limbah plastik bagi lingkungan, termasuk bagi makhluk hidup di laut.

“Aksi ini kami lakukan untuk mengingatkan dan mengajak masyarakat supaya mulai menjaga kebersihan lingkungan,” kata Ketua Earth Day 2018 BWP Panbil Batam, Pengadin Sebayang, beberapa waktu lalu.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, mengingatkan bahwa bumi perlu dijaga dari polusi yang menyerang setiap hari, baik polusi udara, polusi suara, polusi plastik dan yang lainnya.

“Kalau bukan kita, siapa lagi? kata Pengadin.

Disamping itu, BWP Panbil juga membentuk tim yang dinamai ‘Green Team’, khusus menangani masalah lingkungan dan sosial di lingkungan hotel dan sekitarnya.

“Tim ini siap mendukung aksi hijau serta mengadakan berbagai program cinta lingkungan,” lanjut Pengadin.

Sementara, kegiatan rutin di lingkungan BWP seperti aksi pengumpulan koran dan botol-botol bekas, general cleaning dan kampanye clean as you go yang sekarang digalakkan Green Team.

“Clean as you go ini kampanye pungut sampah, ambil dan buang di seluruh area hotel. Aksi ini diwajibkan bagi seluruh karyawan hotel sebagai implementasi gerakan dalam menjaga kebersihan area hotel,” tutupnya.

Sekilas tentang Earth Day, berawal pada 22 April 1970, 48 tahun silam, di Amerika Serikat ratusan warga beraksi turun ke jalan memprotes atas kerusakan lingkungan, akibat industri yang tak mempedulikan dampak limbah dan polusi, dinegeri paman Sam tersebut.

Mengingat hal itu, aksi Earth Day 2018 secara global digalakkan dengan tema “End Plastic Pollution” atau Kurangi Penggunaan Plastik, karena dampak dari bahaya sampah plastik yang sangat sulit diurai tanah.

Bahkan, semakin lama, makin banyak juga ditemui kasus makhluk hidup yang tinggal di laut, mati, akibat dari limbah plastik dibuang sembarangan. (Chandra)