Kota Solok Raih 2 Penghargaan Harganas XXV di Manado

oleh -780 views
Walikota Solok Zul Elfian menerima penghargaan Satya Lancana Manggala Karya Kencana dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

Patrolmedia.co.id, Solok – Walikota Solok Zul Elfian meraih penghargaan Satya Lancana Manggala Karya Kencana diserahkan langsung Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, didampingi Plt. Kepala BKKBN Pusat Sigit Priohutomo, di Graha Bumi Beringin Manado, Sulawesi Utara Jumat (6/72018) malam.

Penghargaan itu diterima dalam momentum Temu Prestasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBP), yang merupakan rangkaian peringatan puncak Hari Keluarga Berencana Nasional (Harganas) ke XXV.

Menjadi bukti nyata sebuah karya anak bangsa dalam keikutsertaannya menata dan mewujudkan keluarga bahagia terutama di Kota Solok. Adapun indikator keberhasilan keluarga berencana antara lain ditandai dengan penurunan angka kelahiran, kualitas kesehatan keluarga yang terus meningkat, pendidikan keluarga yang makin berkualitas, produktifitas keluarga yang juga terus meningkat.

Ketua TP. PKK Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian meraih Upakarti Utama 1. (Foto: Istimewa)

Selain itu, Kota Solok Juga meraih Upakarti Utama 1 karena berhasil menjadi Juara 1 Nasional Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang diwakili Kelurahan Sinapa Piliang. Penghargaan diterima oleh Ketua TP. PKK Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian.

Walikota Solok Zul Elfian mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui BKKBN yang telah mengapresiasi yang telah dilaksanakan Pemko Solok dalam pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Menurutnya, apa yang terima ini merupakan kerja bersama, baik itu dukungan OPD, stakeholder dan tentu semua itu tidak akan terwujud tanpa keikutsertaan masyarakat setiap pelaksanaan program dalam pembangunan keluarga, perilaku hidup bersih dan sehat.

“Untuk itu atas nama pribadi dan Pemko Solok saya mengucapkan terima kasih, ini adalah keberhasilan kita bersama,” ungkap Zul Elfian.

Kedepan, Zul Elfian juga mengingatkan bahwa apa yang diterima hari ini bukan tidak ada konsekuensinya, untuk itu Zul mengajak seluruh elemen menjaga dan meningkatkan pelaksanaan, sehingga dapat membuktikan apresiasi yang dianugerahi pemerintah pusat ini memang layak diterima.

“Untuk provinsi Kota Solok juga memperoleh Juara 1 Insitusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dan Juara 2 Bina Keluarga Balita (BKB) untuk tingkat Sumatera Barat,” tambahnya.

Disamping itu, Ketua TP. PKK Zulmiyetti Zul Elfian mngungkapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak baik kader, masyarakat Kota Solok Khususnya di Sinapa Piliang, OPD serta stakeholder sehingga mampu mengantarkan Kota Solok mendapatkan upakarti utama 1 ini.

“Berbagai himbauan dan MoU kita lakukan daru TP PKK untuk menggerakkan kader dan masyarakat agar melakukan 10 indikatir PHBS ini,” katanya.

Zulmiyetti berharap keberhasilan ini menjadi virus-virus baik yang ditularkan pada kelurahan-kelurahan lainnya. Dan tentunya Kelurahan Sinapa Piliang tidak berhenti setelah mencapai ini karena disamping tetap terus ber PHBS, juga harus senantiasa siap untuk menjadi tempat berbagi dengan kelurahan lain.

“Tidak menutup kemungkinan juga dari daerah lain,” katanya.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Chandra Adi Putra