Tim Penilai Pemilihan Kelurahan Berprestasi Datang ke Tanjung Paku Solok

oleh -466 views

Patrolmedia.co.id, Solok – Tim Penilai lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 mendatangi Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Kedatangan Ketua Tim Penilai Azwar disambut Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra didampingi Asisten II Sekda Kota Solok Jefrizal, di Balai Kota Solok sebelum menuju lokasi penilaian di Kantor Lurah Tanjung Paku, Kamis (17/6).

Turut hadir, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok Delfianto, Camat Tanjung Harapan Zulkarnaini, serta OPD terkait lainnya.

Jefrizal mengatakan kehadiran tim penilai saat ini sangat memberikan makna, khususnya upaya bersama untuk senantiasa meningkatkan kapasitas pembangunan di tingkat kelurahan, yang diarahkan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pemko Solok secara kontinyu melakukan kegiatan penilaian kelurahan berprestasi,” kata Jefrizal.

Jefrizal menyebut, kegiatan itu dimaksudkan untuk menjalankan kewajiban pihaknya dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan.

Selain itu, penilaian kelurahan berprestasi pada hakekatnya dimaksudkan untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi, kerja sama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan kelurahan.

“Hal ini tentu ditandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi, sosial budaya, sosial politik, serta terpeliharanya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan,” kata Jefrizal.

Menurutnya, meberhasilan yang diraih Kelurahan Tanjung Paku mewakili Kota Solok, merupakan wujud keberhasilan pemerintahan kelurahan beserta warga dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat dan pembangunan, sarana dan prasarana baik sarana kelurahan, pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kualitas ekonomi di kelurahan.

“Oleh karena itu, Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan kami pandang layak untuk mewakili Kota Solok dalam penilaian kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021,” ucapnya.

Adapun indikator penting dari Kelurahan Tanjung Paku hingga layak meraih predikat terbaik diantaranya:

1. Bidang pendidikan, yakni dukungan terhadap PAUD Anakku Sayang yang mewakili Kota Solok dalam penilaian Forikan Tingkat Propinsi Sumatera Barat pada Tahun 2019.

Selain pendidikan formal, Kelurahan Tanjung Paku juga mendukung penuh kemajuan pendidikan in-formal seperti pembelian pakaian seragam drum band bagi anak-anak MDA.

2. Bidang Kesehatan masyarakat, diwujudkan dengan melaksanakan rehab posyandu, pelaksanaan Posyandu dan Posyandu Lansia setiap bulannya, pelatihan atau pembinaan Kader Posyandu, sosialisasi penyalahgunaan narkoba, PHBS dan Iva Test.

3. Bidang Ekonomi masyarakat; dengan melaksanakan pelatihan membatik, pelatihan membuat kue, kegiatan SEMAJUBER (Sedekah Makanan Jumat Berkah), dan SUMAKIN (Sumbangan untuk Masyarakat Miskin).

4. Bidang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat; diantaranya melalui penyampaian himbauan Walikota terkait PEKAT kepada masyarakat dan dengan membentuk Satgas Penyebaran Covid-19.

5. Bidang Partisipasi Masyarakat/ Kewilayahan terlihat dengan adanya pembagian sembako, pelaksanaan gotong royong dan siskamling secara rutin dan berkala.

6. Bidang Pemerintahan, salah satunya dengan adanya website, Facebook, Instagram dan Papan Informasi Kelurahan Tanjung Paku.

7. Lembaga Kemasyarakatan, dengan dilaksanakannya sosialisasi terkait njilai-nilai adat, budaya dan agama.

Jefrizal menambahkan, berdasarkan itu, pihaknya berkeyakinan seluruh anggota tim sependapat dengan penilaian yang dilakukan Pemko Solok, atas keberhasilan capaian kinerja Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan.

“Sehingga tidaklah berlebihan apabila pada saatnya nanti kami berharap, Tanjung Paku mendapat predikat terbaik di ajang Penilaian Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021,” tutup Jefrizal.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Yogi Subroto