Pemko Solok Butuh Rp35 Miliar Untuk Pengadaan Alkes RSUD

oleh -682 views
Wako Zul Elfian memapar sejumlah rencana pembangunan dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi, via Video Conference. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Pemerintah Kota (Pemko) Solok membutuhkan anggaran sebesar Rp 35 Miliar untuk pengadaan alat-alat kesehatan (Alkes) dan sejumlah fasilitas lainnya untuk RSUD Kota Solok.

Disamping Alkes, RSUD Kota Solok membutuhkan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang penyakit dalam, ruang rawat penyakit anak, ruang rawat bedah umum, ruang rawat penyakit kandungan, rawat jalan, radiologi dan ruangan OK.

Wali Kota Solok Zul Elfian menyampaikan, Pemko Solok tengah memprioritaskan pembangunan pengadaan Alkes untuk keperluan RSUD Kota Solok.

“Fisik bangunan (RSUD) direncanakan selesai pada 2022 ini dan akan beroperasional tahun 2023 mendatang,” kata Zul Elfian saat memapar kegiatan pembangunan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemprov Sumbar tahun 2023 dengan Gubernur Sumbar, Mahyeldi, melalui Video Conference di kantor Walikota Solok, Rabu (23/2/2022).

Selain Alkes, Zul Elfian juga memapar soal pembangunan Stadion Marahadin di Kelurahan Laing. Ia mengatakan, pada 2022 akan dibangun tribun dan lapangan sepakbola melalui dana APBD Kota Solok dan APBD Provinsi Sumbar.

Itu pun, kata Zul Elfian, masih diperlukan alokasi anggaran pembangunan sebesar Rp 48.642.193.380 untuk pembangunan tribun timur, pekerjaan track sintetik, pekerjaan jalan, taman dan parkir serta pekerjaan aliran air dan drainase.

Sedangkan untuk pembangunan Bird Dome di Kawasan Pulau Belibis merupakan lanjutan pengembangan Kawasan Wisata Pulau Belibis.