Zul Elfian Sambut Kedatangan Tim Penilai Gerakan PKK Sumbar

oleh -215 views

Patrolmedia.co.id, Solok – Wali Kota Solok Zul Elfian menyambut kedatangan tim penilai gerakan PKK Sumbar (Sumatera Barat) di Kota Solok Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Zul mengatakan keberadaan serta peran kelembagaan PKK sangat banyak dalam berbagai kegiatan ditengah masyarakat.

Apalagi di pandemi covid-19 yang masih menjadi dinamika dalam masyarakat yang harus diatasi dan dipenuhi secara simultan dan terkendali.

“Saat ini Alhamdulillah bumi mulai pulih. Mari bersama kita berdoa semoga kondisi bisa kondusif lagi seperti sedia kala,” kata Zul Elfian
saat rombongan melakukan penilaian di RT 02/RW05 Rimbo Barantai, Kelurahan Tanah Garam, Selasa (24/5).

Ia mengatakan, kegiatan lembaga sosial kemasyarakatan melalui Gerakan PKK telah teruji peran aktifnya di tengah masyarakat.

“Ini harapan besar bagi pemerintah untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam kehidupan keluarga,” kat Zul Elfian.

Demikian pula kelompok dasawisma, sebagai ujung tombak di lapangan menunjukkan Gerakan PKK memiliki urgensi dan potensi dalam memberdayakan masyarakat membangun jaringan kerjasama.

Selain itu juga memiliki cakupan program dan kegiatan yang dapat dijadikan peluang berkoordinasi dengan jajaran OPD pemerintah dan lembaga di bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Apalagi dengan dicanangkannya Program Bulan Bhakti Dasawisma yang dilaksanakan setiap tahun, memberi dampak di lingkungan masyarakat terhadap keberhasilan kader PKK/Dasawisma.

“Iini sebagai motivasi bagi warga kelompok dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK di masyarakat,” katanya.

Zul Elfian menyebut, PKK memiliki peran amat penting dalam membina sikap perilaku masyarakat, terutama dalam pembinaan karakter anak sejak usia dini, peningkatan pendidikan dan ekonomi serta penanganan dalam pelayanan kesehatan.

“Karena itu, jajaran PKK dituntut untuk peka terhadap kenyataan maupun masalah seperti ini,” katanya.

Zul Elfian yang juga selaku Pembina Tim Penggerak PKK, akan selalu memberikan perhatian dan berupaya untuk menyukseskan program atau kegiatan-kegiatan PKK.

“Karena peran PKK sangat dirasakan masyarakat, mulai dari dari Ketua Dasawisma, Kelompok PKK RT/RW dan Pengurus TP-PKK Kelurahan yang selalu berhubungan langsung dengan masyarakat,” kata diam

“Kepada Tim Penilai kami harapkan disamping penilaian dapat juga memberikan pembinaan demi suksesnya PKK di masa depan,” tambahnya.

Ketua TP-PKK Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian Umar memberi selamat ke Ketua TP PKK Provinsi Sumbar bersama rombongan di Kota Solok.

“Gerakan PKK tumbuh dari bawah, tumbuh dari, oleh dan tumbuh untuk masyarakat. PKK sudah terbukti memberikan manfaat untuk masyarakat,” kata Zulmiyetti.

Ketua TP PKK Sumbar Harnelli Mahyeldi mengatakan, Kota Solok merupakan daerah kelima yang dikunjungi dalam penilaian.

Semua daerah sangat luar biasa dalam menyiapkan diri untuk lomba Gerakan TP PKK berprestasi tingkat Sumbar ini.

“Kami yakin persiapan Kota Solok sudah matang. Setelah melakukan penilaian tingkat Kota Solok, terpilihlah Kelurahan Tanah Garam mewakili dalam tingkat provinsi,” kata Harnelli.

Ia meminta agar tak hanya fokus ke juara saja, namun merupakan evaluasi sejauh mana 10 program pokok PKK terealisasi di Kota Solok serta sejauh mana TP PKK mengambil peran sebagai mitra yang benar-benar menyukseskan program pemerintah.

Adapun indikator penilaian ialah Administrasi PKK, Untuk Pokja I, Pola asuh anak dan remaja di era digital, ini sangat penting untuk mengambil bonus demografi pada usia kemerdekaan indonesia yang ke 100 Tahun pada tahun 2045 nanti.

“Kita berharap kerjasama pemerintah, PKK dan seluruh masyarakat dapat meminimalisir resiko yang tidak kita inginkan,” kata Harnelli.

Pokja II, untuk meminimalisir kekerasan kepada perempuan dan anak. Salah satu faktor yang mempengaruhi ini adalah dibidang ekonomi.

Pokja III tentang halaman, tumbuhan asri dan nyaman. Ini merupakan salah satu faktor harmonisnya rumah tangga. Semuanya tertata dengan baik, jadikan rumah sebagai surga bagi seluruh keluarga.

Pokja IV, agar perilaku hidup bersih dan sehat yang tidak hanya bersih lingkungan tetapi juga bersih hati.

Pada kesempatan itu, Zul Elfian menyerahkan doorprize satu unit sepeda kepada kader PKK yang menjawab dengan benar pertanyaan dari Ketua TP PKK Provinsi Sumbar.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Yogi Subroto