Zul Elfian Minta Penyusunan Renstra Lahirkan Program yang Menjawab Persoalan Publik

oleh -502 views

Patrolmedia.co.id, Padang – Wali Kota Solok Zul Elfian meminta penyusunan rencana strategis (Renstra) perangkat daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah  (RPJMD) 2021-2026 dapat melahirkan program kegiatan yang menjawab persoalan publik yang menjadi tugas pokok OPD terkait.

Hal itu dikatakannya saat meninjau pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan Renstra perangkat daerah kota Solok yang digelar selama 3 hari mulai tanggal 5-7 Maret 2021
di Ballroom Andromeda Hotel Mercure Padang.

“Berangkatlah dari permasalahan publik yang ada di daerah, setiap OPD telah mengantongi setiap permasalahan yang menjadi tugasnya,” kata Zul Elfian, Sabtu malam

Zul Elfian menyampaikan para peserta serius dalam mengikuti Bimtek, karena RPJMD dan Renstra yang disusun merupakan RPJMD pada periode terakhir RPJPD 2005-2025.

“Banyak hal yang belum tercapai, dari tahun ke tahun selalu disampaikan, direncanakan, dirapatkan akan tetapi belum juga dapat terwujud. Saya mengajak kita semua untuk berencana dan tuntas dalam eksekusinya. Apalagi sekarang merupakan periode akhir RPJP,” kata Zul Elfian.

Zul Elfian mengumpamakan, seperti Rapat Kera atau Rapat Tikus. “Ada sebuah kisah kumpulan kera yang bersepakat bangun rumah ketika hujan lebat, namun ketika hujan reda, tidak satupun yang ingat apa yang menjadi kesepakatan rapat, atau rapat tikus yang merasa terancam dengan keberadaan kucing, para kucing bersepakat akan berikan kucing kalung yang ada lonceng, sehingga ketika tikus datang bisa menjadi pengingat.

“Akan tetapi ketika menentukan siapa yang akan menindaklanjuti atau mengeksekusi hasil rapat tidak satupun yang berani,” sindirnya.