Dari Merugi Rp1,8 Miliar, Kini PDAM Solok Berlaba Hingga Rp180 Juta

oleh -2.346 views
Dirut PDAM Solok Rabbiluski. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Adalah sebuah lagu lama, jika Perusahaan Daerah (Perusda) selalu merugi dan defisit setiap tahun.

Tak terkecuali dengan Perusahaan Umum Air Minum (Perum AM), yang lekat di masyarakat dengan sebutan lama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Namun, di tangan Rabbiluski, SE, PDAM Kota Solok kini justru berlaba.

Padahal, saat dipercaya sebagai Dirut pada 31 Januari 2019, PDAM Solok dalam kondisi merugi Rp1,8 miliar. Bagaimana kiatnya?

Rabbiluski gampang dikenali. Mukanya bulat, senyum dan tawanya lebar, mimik wajahnya lucu, dan gayanya bersahabat.

Bagi warga dan netizen Solok, khususnya di media sosial, dirinya begitu populer. Pria pemilik akun facebook “Raka Sink” itu begitu aktif.

Terutama dalam menjawab pertanyaan, keluhan, hingga pengaduan masyarakat terkait layanan PDAM di Kota Solok dan mengunggah foto dan video para karyawan PDAM Solok yang sedang melakukan perbaikan jaringan pipa air.

Tak jarang, akun Raka Sink yang merupakan akronim dari Rabbiluski Eka Sinkuang, melakukan siaran langsung (live streaming).

Rabbiluski adalah “orang lama” di PDAM Solok yang memulai kariernya dari bawah. Rabbiluski “masuk” ke PDAM Solok pada 2006, sebagai sopir Dirut PDAM saat itu, Indra Maidi.

Pada 2008, dipindahkan ke Bagian Gudang selama 3 tahun. Pada 2011, dirinya kemudian dipindahkan lagi ke Bagian Hubungan Pelanggan.

Lalu, pada 2013, kembali ke Bagian Gudang hingga 2016 dan dipindahkan lagi ke Bagian Litbang hingga Juli 2017.

Karier Rabbiluski kemudian melesat saat ditunjuk menjadi Kabag Hubungan Langganan sejak September 2017 hingga Desember 2018.