Wali Kota Solok Ajukan Program Sumber Daya Air ke BWS Sumatera V

oleh -382 views
Zul Elfian memaparkan rencana program sumber daya air untuk normalisasi batang Lembang. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Padang – Wali Kota Solok Zul Elfian mengajukan program sumber daya air untuk normalisasi batang lembang dan
pembangunan drainase primer dari Pandan ujung ke Batang Lembang. Usulan itu disambut baik Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang.

“Kami sangat butuh dukungan Kementerian PUPR melalui BWS terkait rencana program lanjutan normalisasi batang lembang yang belum maksimal untuk antisipasi banjir musim hujan sehingga perlu dilanjutan pembangunannya. Pembangunan Embung Batang Bingung untuk konservasi, air baku dan irigasi serta wisata air,” kata Zul Elfian, saat audiensi dengan Kepala BWS Sumatera V Dian Kamila di Kantor BWS V Padang, Rabu ( 3/11/2021).

Disamping itu, Zul Elfian memapar, untuk meninggikan permukaan air agar memiliki nilai tambah jadi objek wisata, diperlukan pembangunan bendung gerak atau bendung karet.

Begitu pula untuk antisipasi banjir yang sering terjadi dimusim hujan karena drainase yang ada sekarang tidak memadai menampung debit air sat curah hujan tinggi.

“Terkait dengan semua usulan tersebut, tentunya kami telah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan demi kelancaran pekerjaan nantinya, seperti pembebasan lahan,” kata Zul Elfian.

Dian Kamila menyambut positif semua usulan dari rencana Zul Elfian. Kendati begitu, Dian menekankan adanya pernyataan tertulis bahwa lahan telah bebas dari masyarakat dan gangguan dari yang lain-lainnya.

“Banyak pengalaman dibeberapa tempat, pekerjaan menjadi terkendala dikarenakan adanya persoalan,” kata Dian.

Menurutnya, sekecil apapun persoalan yang berpotensi menghambat pekerjaan, tentunya telah bersih sebelum pekerjaan dimulai.

“Sehingga pekerjaan berjalan lancar dan dapat diselesaikan sesuai tepat waktu,” kata Dian.

Usulan Zul Elfian itu sebagai keseriusannya membangun bidang sumber daya air.

Pemko Solok tidak akan mampu hanya mengandalkan keuangan daerah semata.

Seolah eperti tidak mengenal lelah, Pemko Solok terus mencari peluang sumber pembiayaan lain guna mendukung rencana program tersebut.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Yogi Subroto