Kota Solok Raih Juara 3 Lomba Toilet Bersih Objek Wisata di Festival CHSE

oleh -753 views

“Semoga keamanan dan kenyamanan wisatawan terjaga saat berwisata ke Sumbar,” kata Yani.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Novrial menyebut kegiatan kali ini merupakan penyatuan beberapa kegiatan dalam memenuhi harapan gubernur.

“Dimana nanti pasca pandemi kita harus persiapkan diri memajukan pariwisata Sumbar,” kata Novrial.

Dinas Pariwisata Sumbar sudah melakukan penilaian CHSE di daya tarik wisata unggulan. Evaluasi di 19 daerah yang sudah betul-betul melakukan standarisasi CHSE.

“Kita melakukan apresiasi berdasarkan kesiapan kondisi awal. Identifikasi sejauh mana kab/kota mempersiapkan diri,” katanya.

Selanjutnya, gerakan ‘Keluar Bersih’ merupakan gerakan yang sangat sederhana, yakni membiasakan setiap orang membersihkan toilet setelah menggunakannya.

Sangat sederhana, sangat simpel dan sangat masuk akal dilakukan bagi masyarakat Sumatera Barat. Ini merupakan Titik awal terciptanya pariwisata bersih dan Sumbar bersih kedepannya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan launching gerakan ‘Keluar Bersih’ Provinsi Sumatera Barat. Ditandai dengan scan barcode oleh Wakil Wali Kota Solok, Dr.Ramadhani Kirana Putra, pemukulan gong oleh Staf Ahli Gubernur, serta penandatanganan kesepakatan bersama.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Yogi Subroto