Menko Airlangga Bawa Dubes AS dan Kanada ke Batam, Promosikan Potensi KEK

oleh -505 views
Menko Airlangga Bawa Dubes
Menko Airlangga mengajak Dubes AS dan Kanada ke PT Sat Nusa Persada Batam. (Foto: Ist)

Menko Airlangga Bawa Dubes AS dan Kanada

Menko Perekonomian dan Menteri Perindustrian telah melakukan pertemuan bilateral dengan Gina Raimondo, US Secretary of Commerce.

Salah satunya membahas Program CHIPS Pemerintah AS yang menyediakan dana Federal sebesar USD 50 Miliar untuk membangun industri semikonduktor.

Pada pertemuan itu dibahas usulan kerjasama dalam pengembangan sumber energi terbarukan, energi bersih, berbagai usulan proyek dalam skema rantai pasok termasuk semikonduktor, pengembangan industri kesehatan, dan pengembangan pusat data (data center).

Dubes AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim menyebut kunjungan itu merupakan bentuk antusias besar bagi Amerika dan Kanada melihat peluang kerja sama yang mungkin dilakukan di Batam ke depan.

Hal ini dikuatkan dengan hubungan kuat Amerika dengan Batam ditandai sejak hadirnya perusahaan USA Mc Dermott di Batam sejak tahun 1970.

“Saya telah berbicara dengan perusahaan US dan Kanada serta para investor, mereka sangat antusias dengan apa yang saya presentasikan tentang Batam dan SEZ (KEK) didalamnya,” kata Kim.

Ia mengatakan, iklim investasi yang kondusif, lokasi strategis dan pengalaman serta dukungan pemerintah Indonesia dan BP Batam, membuat dirinya sangat berharap koneksi yang telah terjalin dengan kuat selama ini.

“Saya harap kerjasama ini dapat terus berjalan untuk mencapai opportunity terbaik bersama-sama,” kata Kim.