Mau Investasi di Pasar Modal? Ini Pilihan Produk yang Tepat

oleh -340 views
Pengunjung melihat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Foto: Bisnis.com)

Patrolmedia.co.id, Jakarta – Investasi merupakan salah satu cara untuk mengelola keuangan agar mendapatkan hasil keuntungan yang optimal di masa depan.

Strategi berinvestasi dibuat agar mampu mengalahkan inflasi, sehingga nilai uang yang kita miliki tak akan berkurang dari waktu ke waktu.

Salah satu tempat atau sarana berinvestasi di masa modern adalah melalui pasar modal. Di Pasar Modal Indonesia, investasi dapat dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Di BEI, jenis investasinya disebut investasi portofolio atau investasi dengan membeli instrumen efek yang tercatat di papan perdagangan BEI.

Sementara, strategi investasi lain disebut investasi langsung, seperti membeli aset tanah, rumah, emas dan lainnya.

Ada berbagai instrumen investasi (produk) yang tepat bisa dibeli di BEI dan dapat dijual kembali di BEI ketika investor (orang yang berinvestasi) hendak merealisasikan keuntungan atau ketika membutuhkan dana tunai.

Instrumen investasi yang ada di BEI termasuk kategori yang relatif likuid atau mudah dicairkan dana pokok investasinya, dibandingkan berinvestasi secara langsung.

Sebab, jika investor memiliki sebidang tanah, misalnya, ketika membutuhkan dana tunai, menjual tanah tidak bisa dilakukan dalam waktu sehari dua hari.

Perlu proses panjang untuk mencari pembeli dan mentransaksikannya. Sementara, kalau memiliki produk investasi di pasar modal, maka investor bisa memperjualbelikannya setiap hari perdagangan.

Jam perdagangan BEI berlangsung dari pagi hingga sore, pada hari bursa. Untuk melakukan transaksi jual dan beli, investor cukup membuka rekening efek di salah satu perusahaan sekuritas yang akan membantu investor dalam aktivitas transaksi.

Ada banyak perusahaan sekuritas di setiap kota di Indonesia. Proses menjadi nasabah di perusahaan sekuritas mirip dengan proses membuka rekening tabungan di bank.