Perbedaan Strategi Teknikal dan Fundamental Pada Investasi Saham, Lebih Baik Mana?

oleh -1.001 views

Sebaliknya, strategi fundamental dilakukan berdasarkan analisis fundamental dari kinerja perusahaan yang sahamnya hendak dibeli. Strategi ini sangat cocok untuk investor yang ingin berinvestasi jangka panjang.

Pemilihan saham secara fundamental dilihat berdasarkan kinerja perusahaan di masa lalu dan masa kini, seperti apa pertumbuhannya, dan analisa kinerja serta prospek bisnis perusahaan di masa depan.

Analisa kinerja di masa depan bisa didapatkan dari hasil riset yang dibuat analis di perusahaan sekuritas tempat para investor membuka rekening saham.

Analisa terhadap kinerja perusahaan di masa depan juga bisa diperoleh dari sumber lainnya, seperti media massa atau dengan menganalisa sendiri dari corporate action setiap perusahaan jika mampu melakukannya sendiri.

Bagi investor fundamental, membeli saham adalah menjadi pemilik perusahaan. Jadi, investor perlu memahami bidang industri yang digeluti perusahaan dan persaingan serta keunggulan produk atau jasa perusahaan.

Jika kinerja perusahaan selama ini baik dan menunjukkan tren pertumbuhan, maka harga saham cenderung akan mengalami potensi pertumbuhan yang baik juga di masa depan.